PRAKERIN (Praktik Kerja Industri) merupakan program belajar yang rutin diadakan setiap setahun sekali.

Ini adalah program yang paling ditunggu-tunggu oleh siswa-siswi SMK Darissulaimaniyyah.

Pada momen tersebut mereka bisa mengeksplorasi lebih jauh tentang teknik komputer dan jaringan.

Mereka akan dibimbing secara intensif oleh para teknisi dalam dunia usaha atau dunia industri yang berpengalaman.

Ada beberapa istilah yang biasa digunakan selain PRAKERIN, seperti PSG (Pendidikan Sistem Ganda) dan PKL (Praktik Kerja Lapangan).

Secara harfiah, PRAKERIN bisa disebut sebagai pendidikan keahlian profesional yang memadukan program pendidikan di sekolah dan dunia kerja untuk mencapai suatu tingkat keahlian tertentu.

Pada dasarnya, kemampuan-kemampuan yang sudah dimiliki peserta didik, melalui latihan dan praktik di sekolah, perlu diimplementasikan secara nyata sehingga tumbuh kesadaran bahwa apa yang sudah dimilikinya berguna bagi dirinya dan orang lain.

Dengan begitu peserta didik akan lebih percaya diri karena orang lain dapat memahami apa yang dipahaminya dan pengetahuannya diterima oleh masyarakat.

Program ini ditujukan sebagai sarana pengembangan. Pemahaman siswa-siswi atas pengetahuan dan teori-teori yang telah diajarkan di sekolah akan diuji. Di sini siswa-siswi akan dihadapkan secara langsung dengan berbagai persoalan yang biasa terjadi terkait komputer dan jaringan.

Misalnya : kinerja komputer melambat, perangkat komputer tidak berfungsi normal, printer tidak bisa mencetak gambar sesuai warna, kendala jaringan internet dan lain sebagainya.

Kegiatan ini bisa dikatakan cukup menantang. Berinteraksi secara langsung dengan perangkat-perangkat elektronik yang bermasalah memang tidaklah mudah.

Dengan berbekal pengetahuan dari sekolah mereka akan mencoba meninjau permasalahan yang ada. Mereka akan dibimbing oleh para teknisi yang berpengalaman untuk mendiagnosis permasalahan dan cara memperbaikinya.

Para teknisi akan memberikan latihan-latihan tingkat dasar sampai tingkat lanjutan, sesuai kemampuan para siswa. Mereka akan mendapatkan pengalaman yang beragam dalam bidang teknologi komputer dan jaringan.

seperti : merakit PC atau laptop, melakukan printing, belajar mengetik sepuluh jari, menginstal software, mendiagnosis kendala dan kerusakan baik di komputer maupun printer kemudian memperbaikinya,memasang Wi-Fi, mengoperasikan jaringan di warnet dan sebagainya.

Bahkan bila beruntung mereka akan diajak teknisi untuk melakukan studi lapangan di sekolah atau di tempat tertentu.

Dan untuk menunjang profesionalitas dalam bekerja, mengasah kemampuan atau skill memang sangat diperlukan. Akan tetapi, tanpa adanya attitude kerja yang baik, itu tidaklah cukup.  

Oleh karena itu, siswa-siswi SMK Darissulaimaniyyah juga dibekali dengan attitude atau perilaku yang baik. Supaya mereka bisa tetap produktif biarpun dihadapkan dengan berbagai situasi dan kondisi.

SMK Darissulaimaniyyah bekerja sama dengan beberapa Mitras DUDI di wilayah Tulungagung dan Trenggalek.

Diantaranya : Brawijaya, Printag, Widya Computer, Naza Computer, Surya Computer, Delta Computer, PT. Vissie Cyber Data, Bangun Jaya Abadi Computer, Berlian Computer, Hikmah Sarana Computer (HSC), dan sebagainya.

Program ini berlangsung sekitar dua bulan. Program magang ini dikhususkan bagi siswa-siswi kelas XI saat menginjak awal semester genap. (M.TIM)

Previous articlePendaftaran Online Peserta Didik Baru SMK Darissulaimaniyyah Tahun Ajaran 2021/2022

Leave a reply

Please enter your comment!
Please enter your name here